MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN) & UJIAN SEKOLAH SISWA-SISWI SMP MUTIARA BUNDA

Mencermati dan memperhatikan pendidikan di Indonesia, muncul suatu permasalahan menyangkut standar kelulusan siswa baik yang masuk SMP atau SMA. Kelulusan siswa tidak ditentukan oleh guru yang memantau dan mendidik serta membimbing dan membina anak didik selama 3 tahun dalam proses belajar mengajar, tetapi cukup ditentukan oleh standar Ujian Nasional (UN) dengan beberapa materi pelajaran saja. Sebenarnya , ini merupakan suatu hal kurang tepat (logis) untuk menilai kemampuan seseorang hanya dari satu aspek, sedangkan intelektual yang bermoral merupakan proses yang diamati dan dinilai oleh orang yang membimbing, yaitu peran guru tersebut. Hal ini juga menimbulkan permasalahan lain yaitu dikarenakan ketakutan dari berbagai pihak, sehingga mengenyampingkan nilai kejujuran pada saat pelaksaan UN. Namun hingga saat ini, sistem Ujian Berstandar Nasional seperti ini masih merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap sekolah dalam menentukan kelulusan siswa mereka.

Ujian Nasional (UN) bagi siswa-siswi SMP Mutiara Bunda telah dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 30 April 2009. Ujian Nasional merupakan salah satu syarat kelulusan yang harus dilalui oleh para siswa. Ada empat mata pelajaran yang harus dilalui melalui Ujian Nasional yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pastinya semua siswa sudah mempersiapkan dengan baik akan datangnya Ujian Nasional tersebut dengan berbagai les ataupun mengikuti beberapa tryout. Berbagai strategi juga dilakukan oleh pihak sekolah demi tercapainya kelulusan siswa dengan hasil yang memuaskan. Diantaranya yaitu memberikan waktu tambahan belajar untuk mata pelajaran yang di-UN kan, mengadakan berbagai try out dan juga mengadakan latihan Pra-UN sebagai gambaran awal pencapaian para siswa.  Momentum UN merupakan saat-saat yang menegangkan bagi para siswa. Ini merupakan momen penentuan masa depan mereka. Oleh karenanya, dukungan dan doa dari para orang tua dan guru tidak pernah lepas demi menghantarkan para siswa menghadapi UN kali ini. Alhamdulillah, pelaksanaan UN dapat dilalui dengan baik dan lancar. Para siswa kini tengah berdebar-debar menanti hasilnya.

Setelah UN dilalui, para siswa masih harus menghadapi ujian yang lain, yaitu Ujian Sekolah untuk beberapa materi pelajaran yang tidak di-UN kan seperti pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), teknologi informasi, seni budaya, dan Budaya Jawa Barat. Para siswa dengan gigih berusaha memberikan dan menunjukkan hasil terbaik mereka. Kami semua, para orangtua dan guru mendoakan kalian.

Semoga kalian SUKSES MENCAPAI KELULUSAN 100%!

BERDOALAH DAN TERUS BERUSAHA!

SEMANGAT!

Oleh : Yuli Ristianti, S.P.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: