Fun Science For Children

Fun Science For Children

Bila kita membayangkan sains sebagai ilmu yang dipelajari di laboratorium beserta piranti-piranti rumitnya atau zat-zat yang harus diperlakukan dengan hari-hati maka mungkin kita akan berfikir beberapa kali untuk menyampaikan sains untuk anak-anak usia dini.  Namun bila kita berpandangan  bahwa sains adalah suatu hal yang dapat disampaikan pada anak untuk dapat mengenal lingkungan atau segala hal yang berada didekatnya dan sering ditemukan dalam kesehariannya, maka kita akan dapat menyampaikan banyak hal sebagai subjek dalam kegiatan sains.

Agar sains menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan, maka  harus disampaikan dengan cara yang dapat menarik minat dan perhatian anak. Mereka  diharapkan dapat menunjukkan minat dan antusiasnya untuk mau melihat, memperhatikan, memberi komentar sederhana dan pada akhirnya sampai pada tahap memberikan  kesimpulan sederhana yang tentu saja disesuaikan dengan usia dan tingkat pemahaman anak.

Seluruh fenomena di sekitar kita sebetulnya merupakan sebuah proses yang bisa dikaji menjadi materi sains sederhana bagi anak. Dimulai dari pertanyaan sederhana, anak-anak dapat  diajak bereksplorasi mengenal berbagai hal seperti  bermain dengan air, mengenal warna, menanam tanaman, bermain dengan magnet, bermain mengenal tentang alat transportasi, mengenal binatang, mengenal gejala alam, meluncurkan roket balon, menggunakan  bahan makanan yang ada di dapur dll.

Kegiatan sains harus disajikan semenarik mungkin yang tentu saja memerlukan ide-ide baru dan  kreativitas baik guru ataupun  orang tua. Yuk  kita ajak anak-anak melihat  sekeliling kita dan menciptakan  sendiri penemuannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: